Home  >> 3 Tips membuat website aman

3 Tips membuat website aman

16 Desember 2020 - Website - by Admin


Membuat website bukanlah hal yang mudah, tapi bukan berarti tidak bisa dibuat. Jika Anda adalah seorang web developer, membuat website bukanlah sekedar hanya membuat saja, bukan hanya sekedar membuat dan menulis kode. Hai kamu seorang web developer sudah tahu belum bagaimana membuat website Anda menjadi aman ? Nah jika Anda belum tau, artikel ini sangat cocok untuk Anda, karena kita akan membahas 3 tips membuat website aman.

Baca juga : 5 Tips membuat aplikasi yang punya nilai jual

1. Ganti Password dan Backup secara berkala

Jangan pernah membiarkan password Anda tidak pernah di ubah, cobalah ubah password Anda selama 3 bulan sekali. Dan selain ganti password rajin-rajinlah untuk membackup data Anda secara berkala, jangan biarkan data yang ada hanya dibiarkan, tapi cobalah untuk backup ke tempat lain yang nyaman, agar jika terjadi sesuatu seperti data kita berhasil di bobol oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab, sehingga kita tidak terlalu khawatir kalau datanya hilang, karena sudah di backup sebelumnya.

Untuk membackup data secara berkala saran saya jika website Anda sudah banyak pengunjung nya, cobalah untuk membackup data setiap 2 hari sekali dan lakukan secara rutin dan berkala.

2. Gunakan HTTPS

HTTPS adalah Hypertext Transfer Protocol Secure. Kegunaan dari HTTPS adalah untuk melakukan enkripsi data apabila data akan dikirimkan ke server. Berbeda jika kita tidak menggunakan HTTPS, maka data tersebut akan di kirimkan ke server dengan tidak enkripsi. Saskartech sendiri juga menggunakan HTTPS untuk mengamankan situs kami dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Dengan menggunakan HTTPS website yang Anda buat bisa dikatakan aman, tapi belum bisa dikatakan 100% aman karena semua sistem tidak ada yang sempurna pasti ada kelemahan dan kelemahan itu akan menjadi celah bagi website yang Anda buat.

3. Selalu up to date

Tips yang terakhir untuk membuat website aman adalah selalu up to date. Yess, Anda sebagai seorang web developer, website yang Anda develop harus selalu up to date, jangan dibiarkan begitu saja. Buatlah fitur-fitur baru dan lakukanlah perubahan pada website yang Anda buat.

Selain membuat fitur-fitur yang baru, tapi up to date juga pada tampilan website. Karena tampilan website juga menentukan rasa nyaman pengguna terhadap website Anda. Intinya adalah selalulah untuk melakukan up to date untuk website yang Anda develop.

Sekian dari kami mengenai artikel kali ini. Tips yang kami buat hanyalah pendek dan singkat. Tapi kami berharap ini bisa bermanfaat untuk Anda yang membacanya.

Langganan Via Email

Dapatkan Artikel seputar Teknologi, Startup, Bisnis, Leadership, dan Mindset di Inbox Anda.