Home  >> 5 Tips membuat aplikasi yang punya nilai jual

5 Tips membuat aplikasi yang punya nilai jual

12 Desember 2020 - Tips - by Admin


5 Tips membuat aplikasi yang punya nilai jual - Membuat aplikasi bukanlah hal yang mudah dan bukanlah hal yang sulit juga, artinya dalam untuk buat aplikasi bisa dikatakan gampang-gampang susah. Di zaman sekarang ini aplikasi sangatlah diperlukan dan berperan penting dalam kehidupan masyarakat, entah itu aplikasi berbasis website atau berbasis mobile (Android atau IOS).

Tapi tahukah Anda bahwa untuk membuat aplikasi ada tantangan tersendiri. Tantangannya seperti apa ? Ya, tantangannya adalah untuk buat aplikasi kita punya nilai jual. Nilai jual yang dimaksud adalah, aplikasi kita sangat dibutuhkan oleh pasar. Apabila aplikasi kita tidak punya nilai jual, maka besar kemungkinan aplikasi yang kita buat tidaklah akan dipakai pasar.

Lalu yang menjadi pertanyaan nya adalah, bagaimana cara kita untuk buat aplikasi yang punya nilai jual ? Nah untuk menjawab pertanyaan itu, kami sudah merangkum nya lewat artikel ini, yaitu 5 Tips membuat aplikasi yang punya nilai jual.

1. Lihat Peluang

Lihat Peluang

Sebelum buat aplikasi, terlebih dahulu pikirkan apakah aplikasi ini berpeluang untuk berhasil, dan apakah aplikasi ini akan banyak dipakai orang. Jika Anda tidak bisa melihat peluang nya, maka aplikasi yang Anda buat tidak punya nilai jual. Mengapa sih harus melihat peluang terlebih dahulu ? Karena kalau kita tidak melihat peluang, kita tidak bisa tau apakah aplikasi ini akan disukai dan akan dipakai atau tidak. Karena kalau tidak maka Anda akan sama saja membuang waktu, karena tak ada yang memakainya karena pada dasarnya aplikasi yang dibuat peluangnya kurang bagus.

2. Buatlah Keunikan

Zaman sekarang ini sudah tidak ada lagi aplikasi yang idenya itu organik, artinya idenya itu belum ada yang punya. Semuanya sudah ada dan itu tinggal dikembangkan. Anda mau buat sosial media ? Sudah ada Facebook, Anda mau menggantikan SMS agar pengguna tidak memakai pulsa untuk saling mengirim pesan ? Sudah ada Whatsapp, Anda mau buat E-Learning ? Sudah ada Google Classroom. Dan semua sudah ada, tapi yang membedakan adalah keunikan nya.

Facebook dan Instagram sama tidak ? Ya sama, sama-sama sosial media, tapi yang membedakan adalah keunikan nya. Dan kedua aplikasi tersebut punya nilai jual. Kenapa begitu ? Karena mereka memiliki keunikan nya sendiri. Untuk itu buatlah keunikan pada aplikasi yang ingin Anda buat.

3. Berkolaborasi 

Membuat aplikasi yang punya nilai jual tidaklah mudah, dan tidak disarankan untuk membuat sendiri. Anda harus berkolaborasi, Anda harus buat aplikasi Anda dengan tim, bangun tim Anda, karena dengan tim dapat membantu Anda membuat aplikasi yang lebih punya nilai jual, selain mempersingkat waktu pembuatan dan juga mempermudah Anda dalam pengembangannya.

4. Update Terus

Ketika aplikasi sudah berhasil dibuat, jangan pernah biarkan aplikasi begitu saja. Teruslah update agar pengguna tau bahwa aplikasi yang dia pakai masih di update oleh pengembangnya. Karena kalau aplikasi yang Anda buat tidak di update, maka pengguna tidak akan pakai lagi aplikasi yang Anda buat. Untuk itu untuk membuat aplikasi yang punya nilai jual, updatelah aplikasi Anda secara rutin. Buatlah fitur-fitur yang baru.

5. Rencanakan dengan matang

Setelah itu rencanakanlah dengan matang, dan mulailah bertanya ke diri sendiri. Kedepan aplikasi ini akan dibawah kemana ? Kedepan aplikasi ini akan jadi seperti apa ? Fitur yang akan dibuat apa nantinya ? Setelah dipikirkan, mulailah untuk rencanakan itu dengan matang.

Setelah semuanya sudah Anda lakukan, percayalah aplikasi yang Anda buat akan punya nilai jual karena punya keunikan tersendiri dan punya peluang yang besar.

Untuk Anda yang ingin dibuatkan aplikasi berbasis web atau berbasis Android, tim kami bisa membantu Anda untuk membuatnya. Anda juga bisa memakai jasa kami dengan cara mencicil tanpa bunga dan tentunya tanpa ribet.

Langganan Via Email

Dapatkan Artikel seputar Teknologi, Startup, Bisnis, Leadership, dan Mindset di Inbox Anda.